Mengubah Lokasi Penyimpanan Hasil Screenshot

Hasil Screenshot atau Screen Capture di mac OS X secara default akan disimpan di desktop. Jika kamu suka melakukan screenshot sana-sini, maka dapat dipastikan desktop kamu akan dipenuhi dengan hasil screenshot tadi (dan itu sangat tidak cool). Untuk merubah lokasi penyimpanan screenshot sebenarnya sangatlah mudah.

silahkan gunakan script dibawah ini:

defaults write com.apple.screencapture location /lokasi_penyimpanan/</pre>
<pre>killall SystemUIServer

Continue reading

Advertisements

Menginstall Package Manager Homebrew di Mac OSX Yosemite

Salah satu cara termudah untuk menginstall aplikasi (software)  Open Source maupun Tool Unix adalah dengan menggunakan Package Manager, tapi sayang di OSX secara default (bawaan) tidak disertakan.

Ya, mengistall aplikasi melalui appstore memang relatif mudah, tapi sayang, banyak applikasi  Open Source yang tidak tersedia di appstorePackage Manager pun menjadi pilihan terbaik untuk menginstall software tool tersebut. Jika di linux kita mengenal dpkg dan apt-get maka di OSX kita akan sangat familiar dengan Homebrew. Sejauh ini, homebrew adalah package manager terbaik yang pernah saya pakai di OSX (karena saya memang belum pernah menggunakan package manager–terminal base lain).

Langsung saja langkah-langkahnya:
Continue reading

Mbribik

urip iku mung mampir mbribikKali ini, aku mau tidak mau musti membahas tentang mbribik. satu kata yang akhir-akhir ini meraung-raung di telingaku. tapi sebelumnya, aku kasih tahu dulu arti kata mbribik.

Mbribik adalah istilah bahasa jawa untuk pendekatan (PDKT). Cowok-cewek gitu. Walaupun berasal dari bahasa jawa, sebenarnya aku sendiri baru tahu kata mbribik ini pas aku sudah di Jogja. Sebelumnya, di tempat asalku Salatiga, aku gak pernah denger kata sakti yang satu ini. Entah karena di Salatiga aku kurang ngeksis, atau karena d Jogja aku salah gaul? 😀 (kayaknya sih yang kedua).

Akhir-akhir ini aku dapet julukan baru (Bully) di tongkrongan sebagai tukang bribik. –jiah.. Julukan tersebut berawal dari serangkaian kejadian yang teramat-sangat bodoh dan manggelikan (sebenarnya salah gw juga sih 😛 ). Tapi ada satu kejadian yang palling bodoh, dan selalu di ungkit-ungkit dan di ulang-ulang sebagai bahan “Bully” di tongkrongan.

Kejadiannya tanggal 16 Agustus lalu. Waktu itu aku sama tiga temen tongkrongan berencana melakukan pendakian gunung Merbabu. Pada siang harinya kita pergi kewarung kelontong untuk membeli perbekalan.  Kejadian bodoh itu bermula dari niat ku untuk membeli 4 buah bateree AAA Alkaline, untuk senter police, yang ketika itu kebetulan lupa di charge batree bawaanya. Mbak-mbak yang jaga warung ternyata agak kocak, dia suka ngajak bercanda gitu. Sebagai bentuk pengharggan aku timpali juga becandaan mbaknya, yang ternyata berujung duka dan jadi bahan bully.

bayangkan, Ketika itu aku cuman minta diskon sama mbaknya sebagai bahan guyon (kebodohan gw juga sih, timbang batree AAA kenapa minta diskon? didepan anak-anak tongkrongan lagi??). Sama anak-anak yang lain aku langsung jadi tersangka mbribik | modus. jiahh… 😛

Akhirnya kami berempat menghabiskan malam 17 agustus dengan mendaki gunung Merbabu. Tepat pukul 2 pagi petaka muncul. Batree LI-Ion senterku habis. Dengan sigap aku keluarin 3 buah bateree AAA buat gantiin batree yang abis. Dengan tidak kalah sigap, saladin temen gw langsung mengungkit masalah diskon batree AAA siang tadi. itulah kali pertama gw di sebut tukang mbribik. Setelah itu, di jidat ku terukir kata sakti “Mbribik

gilak cuman gegara batree AAA doang, sampe sekarang kalo aku lagi ngobrol sama orang. Aku sudah harus siap-siap di teriakin mbribik. Dude Please.

Sampai-sampai ada beberapa temen ngasih saran supaya aku bikin buku “tutorial bribik”. temen yang lain “tips dan trik bribik cepat dan efisien”. Kayaknya temen-temen ku pada salah makan. (susah bedain antar ngasih saran sama ngece)

Sekian cerita sedih ku, satu kesimpulan yang bisa kita tarik dari tulisan diatas adalah “gw salah gaul”.

gw salah gaul

satu pesan:

Pembribikan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan 😀 waspadalah!!

nice picture from: http://www.keepcalm-o-matic.co.uk/p/urip-iku-mung-mampir-mbribik/

Pedas tapi…

muhasabah_islamTidak ada manusia sempurna didunia ini. Setiap manusia pasti mempunyai kekurangan. Ada banyak sekali reaksi orang-orang disekitar, atas kekurangan tersebut.

Reaksi pertama adalah dengan tidak beraksi – acuh terhadap kekuragan kita (tak bereaksi itu termasuk reaksi loh ya..). Asalkan kekurangan kita tidak mengganggu kehidupan pribadinya. Orang yang lain akan beraeaksi dengan menggunjing – membicarakan kekurangan tersebut di belakang kita. Menyakitan memang.  Jika orang yang menggunjing kita justru adalah orang-orang terdekat kita. Tapi, memang siapa lagi yang tahu kekurangan kita selain orang-orang terdekat kita? Continue reading

Silaturahim Berujung Duka

salah satu hal yang nyenengin pas mudik lebaran karena bisa ketemu sama temen2 lama. Saking lamanya mungkin kalo ketemu ditempat rantau, bisa jadi malah saling tidak kenal. Malam ini adalah malem ramadhan ke 29. malem ramadhan terakhir sebelum malam takbiran. Bersama 3 sepupu dan abang gw, gw jalan-jalan nyari angin. sekitar jam 11 malem kita mampir di warung bakso deket kampung gw. Ternyata eh ternyata disitu ada temen SMP abang gw, kebetulan gw dulu juga agak kenal sama ini orang. Sebenernye yang lebih gw kenal tu “adeknya”, dulu.. 😀

Sebenernye yang lebih gw kenal tu “adeknya”. dulu.. 😀

  Continue reading

Import Database from One schema to Another One in Oracle

Yak kembali lagi bersama saya penyiar “radio oracle” (penyar? gak salah lu??)  yang mengudara lewat tulisan. Tulisan yang aneh tentunya

Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana melakukan import atau copy data dari satu schema ke schema lain di Oracle. Mungkin temen-temen ada yang pernah punya masalah keluarga (mulai ngelantur nih), #ehh masalah copy-mengopy data / table dari satu schema ke schema lain? Ini dia jawaban dari kegalauan temen-temen semua.

Sebenarnya ada banyak sekali caranya (jujur gak nih?), tetapi kali ini saya bagi cara yang palling gampang ,lebih tepatnya sederhana dan simple.

1. Pertama kita eksport dulu database tersebut. caranya kayak gini;

G:\> exp username/pass file=d:\filename.dmp

Continue reading

input html5, time format

Pagi ini saya mencoba untuk membuat sebuah input html dalam format time (type=”time”). mungkin temen-temen juga ada yang pernah nyoba tag tersebut


<input type="time" name="jamMuali" placeholder="Jam dimulai">

hasil dari code diatas cukup memuaskan ketika saya coba pada browser favorit saya: Chrome. berikut hasilnya:

html time input, chrome

Akhirnya saya tersentak dan terkejut (lebai dikit gak papa kan?) ketika mencoba menampilkan hasil dari code diatas dengan browser lain. gilak (lebai lagi) tampilan di firefox input time tersebut dikenali sebagai input text biasa.

penampakannya sebagai berikut:

html5 input time firefox

dari sini akhirnya saya coba tampikan hasil code tersebut pada semua browser yang terinstall pada kompi ane (kompi kantor sih sebenernye, awkawk 😀 ). ini beberapa hasilnya:

Continue reading